Saturday, January 30, 2016

Keliling dan Luas Trapesium

Keliling dan Luas Trapesium

Keliling Trapesium

Sahabat Quipper pasti pernah menggunakan markerMarker adalah alat yang digunakan untuk memberi tanda pada suatu teks. Salah satu contoh marker yang sering kita dijumpai adalah seperti berikut.
        Tutup marker tersebut berbentuk trapesium bukan? Sahabat Quipper pasti sudah mengenal apa itu trapesium. Trapesium adalah salah satu bangun segiempat yang memiliki sepasang sisi berhadapan yang sejajar.
        Tahukah kalian cara menghitung keliling trapesium? Agar kalian mengetahuinya, perhatikan gambar berikut ini.
        Gambar tersebut adalah trapesium yang dibentuk dari sekumpulan batang korek api. Jika kita menghitung banyaknya batang korek api yang dibutuhkan, berarti sama halnya dengan kita menghitung kelilingnya. Jika kita anggap 1 batang korek api sebagai 1 satuan, maka keliling trapesium tersebut adalah 17 satuan.
        Agar lebih jelas, coba kalian perhatikan gambar berikut.
        Berdasarkan gambar di atas, diperoleh keliling trapesium adalah 7 satuan + 3 satuan + 4 satuan + 3 satuan = 17 satuan. Dengan demikian, keliling trapesium secara umum dapat kita tuliskan sebagai:

Keliling Trapesium = jumlah semua sisinya

Contoh

Perhatikan gambar berikut.
Keliling trapesium ABCD adalah ….

Penyelesaian:

Panjang AB adalah 6 cm, panjang BC adalah 2 cm, Panjang CD adalah 4 cm, dan panjang DA adalah 3 cm. Keliling trapesium ABCD adalah 6 + 2 + 4 + 3 = 15 cm.

Luas Trapesium

Setelah kalian paham tentang cara menentukan keliling trapesium, mari kita belajar bersama cara menentukan luas trapesium. Agar kalian lebih mudah memahaminya, coba perhatikan gambar di bawah ini.
        Jika kita anggap a sebagai sisi alas, b sisi atas, dan h tinggi trapesium, maka penggabungan dua buah trapesium akan menghasilkan sebuah jajargenjang dengan panjang alas (a + b) dan tinggi h. Kalian sudah mengetahui bahwa luas jajargenjang sama dengan luas persegipanjang. Hal ini berarti:
Luas 2 trapesium = luas 1 jajargenjang
Luas 2 trapesium = luas 1 persegipanjang
Luas 1 trapesium = 12 × luas 1 persegipanjang
Luas 1 trapesium = 12 × panjang × lebar
Luas 1 trapesium = 12 × (a + b) × h.
Jadi, luas trapesium adalah:

Luas Trapesium = 12 × (a + b) × h

Contoh

Perhatikan gambar berikut.
Luas trapesium ABCD adalah ….

Penyelesaian:

Trapesium ABCD memiliki sisi alas 5 cm, sisi atas 3 cm, dan tinggi 2 cm. Dengan demikian diperoleh luas trapesium ABCD adalah 12 x (5 + 3) x 2 = 12 x 8 x 2 = 8 cm2 .

0 komentar:

Post a Comment